Popular Post

Jumat, 07 Maret 2014

Pada masa modern ini,banyak sekali teknologi yang berkembang. Masyarakat dengan mudah berkomunikasi, bukan hanya di dalam negeri saja, bahkan sampai ke luar negeri, tentu saja dengan bahasa yang mereka miliki. Dengan begitu, bahasa juga berkembang dan menyebar ke berbagai belahan dunia. Tidak hanya bahasa inggris, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Arab, bahkan bahasa Indonesia, juga menyabar ke berbagai belahan dunia.
            Oleh karena itu, bahasa sangat berperan penting dalam berkomunikasi antar umat manusia. Kesempatan ini tentu sangat menguntungkan khususnya bagi kita umat islam. Mengapa? Karena kita bisa memanfaatkanya untuk berda’wah kepada masyarakat di dalam dan di luar negeri. Dan sekarang kita memanfaatkanya dengan cara yaitu, menggerakkan bahasa dan membentuk area bahasa di lingkungan LPI Ar Rohmah ini. Dengan tujuan membentuk kader-kader muslim yang menyebarkan da’wah kepada para masyarakat dalam negeri maupun di luar negeri dengan bahasa yang telah di pelajari, terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Mengapa harus bahasa Inggris dan bahasa Arab?
            Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak di gunakan di berbagai belahan dunia. Mungkin banyak yang bertanya-tanya,”Mengapa harus bahasa Inggris? Padahal bahasa Inggris kan buatan orang kafir?” Nah, inilah kunci kita dalam berda’wah. Karena bahasa Inggris adalah buatannya orang kafir, maka kita harus berda’wah dengan bahasanya juga, supaya orang-orang kafir itu mengerti apa yang kita da’wahkan kepada mereka. Rasulullah saja pernah memerintahkan sahabat Zaid bin Haritsah untuk belajar bahasa dan tulisan orang Yahudi. Untuk apa? Supaya Rasulullah dengan mudah mengirim surat-surat kepada para raja kafir untuk masuk islam, sehingga mereka mengerti apa yang Rasulullah bicarakan dalam surat-surat itu. Jangan kita da’wahkan kepada mereka bahasa yang tidak mereka mengerti, contohnya saja bahasa Arab. Coba bayangkan, jika kita berda’wah mereka dengan bahasa Arab, sedangkan mereka tidak mengerti apa yang kita bicarakan. Nanti akan menyebabkan miss communication dan bisa-bisa kita dibilang gila.
Lalu, bahasa Arab. Pasti banyak yang sudah mengetahui keutamaannya. Bahasa Arab adalah bahasa syurga, dialah bahasa yang Nabi gunakan dalam berda’wah, dan Allah pun  menurunkan FirmanNya dengan bahasa Arab pula. Oleh karena itu, WAJIB bagi kita seorang muslim untuk belajar bahasa Arab. Dan di akhir zaman nanti, bahasa Arab adalah satu bahasa yang akan digunakan,bahasa selain bahasa Arab akan punah. Dan jika kita sudah pandai dalam kedua bahasa ini, Insya Allah kita akan sukses di dunia dan di akhirat nanti.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © OPH SMP Ar-Rohmah - OSIS SMP - Powered by Ar-Rohmah Putra Hidayatullah Malang - Designed by OPH Crew -