Popular Post

Selasa, 08 April 2014

Pertama kali mendengar kata “Teluk Lombok”, pikiran saya melayang ke Nusa Tenggara Barat. Tapi ternyata teluk yang satu ini tidak berada di sana.
Saya menempuh perjalan cukup jauh untuk mencapai tempat ini dari Jakarta ke Balikpapan, dilanjutkan perjalanan darat selama 8 jam ke Kota Sangatta, dan masih dilanjutkan satu jam lagi perjalanan darat ke desa Sangkima, Kalimantan Timur. Ya, Teluk Lombok berada di Sangkima, Kalimantan Timur, masih di area Taman Nasional Kutai.
Jangan bayangkan perjalanan darat yang mengasyikkan, Teluk Lombok bisa dicapai melalui dua jalan, poros Sangatta-Bontang yang jalannya besar namun banyak lubang dan berpacu dengan kendaraan besar yang ugal-ugalan, atau jalan dari kota Sangatta melalui daerah Pertamina yang jalannya belum diaspal. Semua perjuangan itu terbayar begitu tiba di Teluk Lombok.
Pantai Teluk Lombok yang berpasir putih menyambut dengan ramah. Saat itu laut sedang surut, jadi saya bisa berjalan hingga agak ke tengah laut dan menemukan berbagai binatang laut seperti kepiting, bintang laut, dan teripang. Duduk di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbit di pantai ini adalah sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan. Ketika birunya langit yang tadinya sewarna dengan laut, mulai berubah menjadi biru terang dan semakin lama semakin terang seiring naiknya matahari.
Di pojok ada hutan mangrove dan terdapat jembatan yang menghubungkan Teluk Lombok dengan desa pemukiman penduduk. Di jembatan ini orang-orang suka memancing.
Meski tempatnya terpencil, namun Teluk Lombok adalah salah satu tujuan wisata utama di area Sangatta-Bontang, jadi fasilitas di pantai ini sudah terbilang lumayan. Untuk bilas, ada toilet dan air bersih yang disediakan warga. Sebuah toko souvenir, juga penjual kelapa. Banana boat dan ski air juga tersedia di sini. Warga di dekat Teluk Lombok juga membudidayakan rumput laut dan mangrove.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © OPH SMP Ar-Rohmah - OSIS SMP - Powered by Ar-Rohmah Putra Hidayatullah Malang - Designed by OPH Crew -